18 Desember 2009. yeahh!! Hari ke2 tayang di Indonesia, dan hari pertama menurut trailer. Hehe. Dengan excitement yang tinggi terhadap film ini, gw mengakui bahwa AVATAR adalah salah satu film terkeren tahun ini. Haha. Ga sia2 James Cameron fokus di film ini. 10 tahun cuy. Haha. Yang pasti gw sangat puas nontonnya.

**mungkin ada spoilernya**

Film ini menyajikan gambar yang luar biasa. Kehidupan di negeri bernama PANDORA merupakan kehidupan indah yang amazing. Dan film ini menyajikannya dengan penuh kemegahan juga. Yah, setidaknya menurut gw. Hehe. Kalo lo suka sama semua hal yang berbau fantasi, disinilah kemegahannya dapat dirasakan. Hehe.  Pertarungan antara future technology vs fantasy creature bikin deg2an juga. Hehe.

Okeh, ini yang gw dapet dari film :

  1. Manusia bisa sangat serakah. Dan itulah yang menyebabkan banyak perang dan kejahatan di Bumi ini. Dan salah satu pemicunya adalah nilai tukar bernama uang. Demi hal yang satu itu, semuanya dilakukan. Walaupun mengambil hak orang lain. Ya, kita tidak bisa hidup tanpa uang. Jadi, kenapa harus ada uang? Harusnya diganti jadi sistem barter aja ya. (berharap). Hehe.
  2. Masih banyak orang diluar sana (apalagi yang otaknya udah kecekok sama uang), ga peduli sama yang namanya LINGKUNGAN. Bahkan di film ini, para scientist yang jelas lebih menghargai kehidupan, dianggap orang aneh. Nerd. Agak mirip kalo lo masuk uGreen kali ya. Haha. Ga juga sih. Tapi beneran deh, coba lihat lebih jauh. Masalah lingkungan adalah masalah orang lain. Masih banyak yang mikir gitu. Coba kalo mahluk bumi sama kaya na’vi. (eh, ga segitunya juga sih. Hehe)
  3. Na’vi, pribumi pandora, lebih dekat dengan penggambaran elf. Bedanya mereka di luar angkasa (dan biru. Hehe.). Yap! Mereka tinggi, bertelinga lancip, dan yang pasti hidup dengan hutan. Hutan mereka yang amazing, membuat mereka sangat mengharagai yang namanya alam. Dan ternyata semua hutan di pandora dan otak mereka terhubung menjadi suatu jaringan. Wow. That’s so cool man! Yah, mereka disebut bukan ocult atau pagan sama scientist, tapi gw mikir emang lebih deket ke situ sih. Mungkin gara2 mereka primitif (baca:belum dapet hidayah) aja kali ya. Hehe.
  4. Tapi dari mereka setidaknya kita bisa mengerti, kita harus hidup selaras dengan alam jika ingin hidup nyaman.
  5. Argh!! I love that planet. Jadi pengen maen kesana. Haha. omong2, gw sangat terharu saat Jake Sully bilang : “they killed their mother.” ya, kita membunuh mother earth! argh! Ada gitu ya yang tetep mau ngehancurin negeri seindah itu. Cuma orang bodoh sepertinya. anyway, itu cuma film kan? (mudah2an)
  6. owiya, pas nonton dan pas bagian serius tiba2 mati lampu. reflek lah teriak : SH*T!! damn. rasanya kaya nyawa lo kepotong di tengah. jleb!! argh!! tapi film ini tetep keren sih. hehe.

I Love this movie. James Cameron is great. Kalo dari www.rottentomatoes.com, avatar is certified fresh. Reviewnya 82%. Hehe. Can’t wait the sequel (udah direncanain mau dibuat katanya).

James Cameron has turned one man’s dream of the movies into a trippy joy ride about the end of life — our moviegoing life included — as we know it. (Manohla Dargis, New York Times)

Spectacular? Exciting? Beautiful? Unique? Yes, yes, yes and oh HELL yes. It’s like nothing else you’ve ever seen. And believe me – you need to see it. (Robbie Collin, News of the World)