pernah denger yang namanya Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN)? haha. gw juga denger beberapa hari yang lalu. setelah googling, gw mendapatkan secercah penjelasan tentang ini. hal ini bermula dari 20 desember 1948, saat terjalinnya kemanunggalan antara TNI dan rakyat sehari setelah agresi Belanda (wuihh, bahasanya). kalo dari situsnya depsos RI, seluruh lapisan rakyat saling bahu membahu untuk melawan penjarahan dan penjajahan.

yah, yang gw tangkep, hari kesetiakawanan sosial nasional (hksn) merupakan peringatan dari titik kulminasi solidaritas perjuangan bangsa saat perang mempertahankan kemerdekaan 1948 silam di yogyakarta. tua, muda, petani, pedagang, pelajar, pegawai, laki-laki, wanita, semua bergabung untuk berjuang. nah, itulah kenapa 20 desember diperingati sebagai hari kesetiakawanan sosial nasional.

dan itulah Indonesia. kita bisa bersatu loh. sebenernya kita sekarang juga masih menunjukkan rasa solidaritas sesama rakyat. koin prita, gerakan facebook buat cicak. itu salah satunya. dan kalo diliat dari masalah ini, kita bisa sangat menjadi setia kawan saat kita punya musuh bersama. betul? hehe.

selain musuh bersama, yang paling penting lagi adalah adanya kawan. (yaiyalah). tapi kadang kita ga mikirin ini. iya kan? hehe. banyak cerita2 tentang indahnya perkawanan, pertemanan, persahabatan, atau apapun itu disebut. ya. secara tidak sadar, kita membutuhkan teman. dimanapun kita berada. sepenyendiri apapun kita, jauh dilubuk hati yang paling dalam, perhatian seorang teman adalah sebuah keistimewaan. dan that friends are for.🙂

beberapa hari yang lalu, gw membaca sebuah post di tumblr dengan judul F.R.I.E.N.D.S dari nadine (numpang pake nama ya. :D) sebenernya dia reblog juga. hehe. dan di akhir ada kata2 yang menurut gw keren. haha.

kita kan bukan sekedar pacar yang bisa putus kapan aja, tapi kita keluarga

yap!! itulah kita. sahabat, terimakasih. gara2 punya kalian, gw bisa punya teman tertawa, teman bermimpi, teman bersandar, teman sakit. dan semoga, There is No Day Whithout Solidarity.🙂

https://wahyunovian.wordpress.com/