Tags

Baru saja menutup bulan Februari dan mengawali Maret dengan menonton film India. Yup. 3 Idiots (2009). Film India terakhir yang gue tonton, Slumdog Millionaire (2008) membuat gue tersentuh (dan dunia, kalo boleh gue bilang, terbukti dengan menang oscar). Dan gak ada salahnya menonton film dengan asal yang sama.

Dan waw. Film ini OK punya. Yah, masih ada formula film India jaman dulu, nyanyi dan tiba2 muncul banyak orang nari2. Tapi hal itu gak mengurangi kekerenan film ini.Comedy? Checked. Romance? Checked. Music? Checked (with dance as bonus). Haha. Yup! Bisa gw bilang film ini lengkap.

Ceritanya apalagi. Kisah 3 sahabat yang telah menghabiskan waktu belajar bersama di ICE (Imperial College of Engineering). College terbaik di India (they said). Dan film ini cukup mengena bagi gue. Yah, setidaknya ITB bisa dimiripin sama ICE. Dan inilah tempat dimana kita bisa melihat bagaimana kehidupan mahasiswa sekarang. Sistem memaksa kita memberikan hasil yang terbaik. Kita hanya memasukkan apa yang tersedia ke dalam otak kita. Gue gak berusaha mengerti, yang penting bisa.

Secara teori kayaknya hampir semua orang tau itu. Tapi pelaksanaannya gak semudah memahami teorinya. Sistem sudah memaksa untuk memberikan hasil. Hasil yang sebenarnya abstrak. Nilai, angka, tingkat, IP, bla bla bla. Tapi itulah kenyataannya. Hhh. Gue jelas pengen kaya si Rancho (tokoh utama di film ini). He knew what he wants, and he knew how to get it.

…give me some sunshine, give me some rain

…give me another chance, I wanna grow up once again