Tags

,

ARJUNA. Kalo kemaren sempet ngepost Srikandi, sang ksatria ‘putri’, sekarang gantian dari sosok sang lelaki. Arjuna – Srikandi emang merupakan pasangan sejoli yang tak terpisahkan dalam pikiran gue. Kalo ada Arjuna, tokoh selanjutnya adalah Srikandi. Macem Rama – Shinta gitu. Itu yang ada di otak gue. Hehehe.

Hmm, tapi setelah browsing sana sini, ternyata Srikandi hanyalah salah satu pasangan Arjuna. Sang Arjuna ternyata memiliki banyak istri dan kekasih. Bahkan ada cerita bahwa wanita yang bener2 disukain sama Arjuna cuma Sumbadra. Siapa wanita beruntung ini. Entahlah. Lain kali aja deh kita bahas. Hehe. Tapi emang ga bisa dipungkiri, Arjuna adalah sosok idaman banyak wanita. Kalo jaman dulu ya wajar2 aja istrinya banyak. Macam raja2 jawa jaman dulu kan? Hehe.

Karakter yang melekat di pikiran gue, Arjuna adalah ksatria tampan rupawan sakti mandraguna punya segudang ilmu. Luhur budinnya rendah hatinya, tetapi pantang mundur menghadapi kesulitan. Menolong orang yang sedang kesulitan merupakan kewajiban utama baginya, tanpa memandang siapa orangnya dan dari golongan mana. Wuih wuih. Pokoknya ksatria sejati lahh. Yahh, layaknya superhero yang sempurna. Hehe.

Seperti pasangannya, Srikandi, sang Arjuna juga memiliki panah. Ia memiliki panah Pasupati yang digunakannya untuk mengalahkan Karna dalam Bharatayuddha. Busurnya bernama Gandiwa, pemberian Dewa Baruna ketika ia hendak membakar hutan Kandawa. Ia juga memiliki sebuah terompet kerang (sangkala) bernama Dewadatta, yang berarti “anugerah Dewa”.

Satu lagi yang spesial adalah masalah nama. Dia punya banyak sebutan. Versi nusantara sendiri ada cukup banyak nama. Mulai dari  Parta (pahlawan perang), Janaka (memiliki banyak istri), Pemadi (tampan), Dananjaya, Kumbaljali, Ciptaning Mintaraga (pendeta suci), Pandusiwi, Indratanaya (putra Batara Indra), Jahnawi (gesit trengginas), Palguna, Indrasuta, Danasmara (perayu ulung) dan Margana (suka menolong). “Begawan Mintaraga” adalah nama yang digunakan oleh Arjuna saat menjalani laku tapa di puncak Indrakila dalam rangka memperoleh senjata sakti dari dewata, yang akan digunakan dalam perang yang tak terhindarkan melawan musuh-musuhnya, yaitu keluarga Korawa.

Itulah Arjuna. Sang ksatria cinta yang memiliki banyak nama. Hehehe. Arjuna emang bisa dibilang lelaki sejati. Kuat, pemberani, banyak disukai wanita. Tapi ko gue ga begitu ngefans sama dia ya? Apa gara2 dia wayang? Hmm, no offence Jun (panggilan buat Arjuna. NGARANG!!). Hahaha.

sumber cerita : http://id.wikipedia.org/wiki/Arjuna