Tags

,

Aku mendambakan gelar itu. Aku tahu, gelar itu tak dipedulikan di dunia kerja, yah itu kata beberapa orang. Tapi tetap saja aku mendambakan gelar itu. Bukan hanya untuk diriku. Bukan untuk kesombongan ataupun pembuktian diri. Aku hanya ingin orang tuaku bangga saat namaku dipanggil dan mendapat gelar tersebut.

Kami bukanlah siapa-siapa. Aku hanya ingin membuat orang tuaku tersenyum. Bahagia karena pengorbanan mereka tak sia-sia. Bahagia karena kepercayaan mereka bahwa aku bisa seperti orang lain terwujud.

Aku tahu orang tuaku akan selalu bangga pada anak-anaknya. Mereka selalu percaya bahwa aku telah melakukan yang terbaik. Dan inilah yang membuat aku lebih merasa bersalah. Aku yang telah dipercaya, tak sanggup memberikan gelar kecil kepada diriku sendiri.

Aku berharap masih ada kesempatan. Dan aku tahu kesempatan itu akan selalu ada. Kesempatan untuk memberikan yang terbaik. Mungkin ayahku benar, semester lalu aku kurang memperbanyak doa.