Tags

Wah wah. Udah lama nih ga update blog. Entahlah. Akhir-akhir ini kurang melihat, baik ke dalam maupun ke luar, jadinya bingung apa yang mau ditulis. Bahkan sekarang pun cuma ingin temu kangen aja sama blog. Hehehe.

Beberapa hari kemarin, ada sebuah thread di Kaskus bahwa anak ITB mulai kehilangan semangat belajar. Sedikit Mimpi dari ITB, begitu judulnya (klik untuk lebih jelasnya). Sebuah keluhan bahwa ITB mulai kehilangan orang-orang yang memiliki semangat akademik, semangat aktivis, semangat para cendekia.

Kampus ini sepertinya telah kehilangan orang-orang yang ketika pertama kali menginjakkan kampus mempunyai
mimpi tentang membuat robot dan roket.

Kampus ini sepertinya telah kehilangan orang yang dikepalanya dipenuhi mimpi-mimpi tentang mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Telah hilang orang-orang yang mau memberikan segalanya untuk belajar.

Dan gue mengaca ke dalam diri. Apa bener gue adalah mahasiswa bermental anak SMA yang cuma bangga akan status? Apa bener gue masuk ke golongan borjuis yang ga memikirkan rakyat jelata? Apa bener gue melupakan mimpi gue untuk membuat robot?

Gue bingung untuk menjawabnya. Gue takut kalo jawabannya adalah iya. Ya, mungkin gue bukan anak kampus yang berkecimpung di dunia per-KM-an. Mungkin gue lebih memilih kegiatan yang lebih menyenangkan dibandingkan kajian. Gue lebih memilih berhenti jadi manager kongres (tanpa pamit) dan mencari kegiatan di unit dan (sedikit) di himpunan. Gue memilih yang tidak terlalu mengikat, yang tidak terlalu luas mengatasnamakan rakyat. Ya, gue ternyata termasuk oportunis.

Tapi layaknya manusia, gue mencari pembenaran. Dalam mimpi gue, robot dan roket masih menjadi keinginan gue untuk terwujud. Tapi ternyata sistem yang gue mengerti membuat gue mengubur angan-angan gue. Sistem yang membuat gue harus lulus di tahun 2012, sistem pergaulan yang entah kenapa membuat gue hanya sempat berfikir tentang gue dan dunia akademik gue, sistem yang mengajarkan bahwa ujian adalah titik balik hidup lo.

Entah gue yang salah mengerti sistem, atau gue salah mengerti sistem, atau mungkin sistem tak mampu memudahkan gue untuk memahaminya?

Just a thought

Sedikit Mimpi dari ITB