Tags

,

Seorang Ibu : “Kuliah di mana dek?”

Mahasiswa TF : “ITB bu.” (dengan malu-malu ditambah sedikit nada bangga)

Seorang Ibu : “Ohh, bagus ya. Ambil jurusan apa dek?”

Mahasiswa TF : “Teknik Fisika bu.” (semakin bangga)

Seorang Ibu : “Ohh, Fisika.”

Mahasiswa TF : “…..”

Percakapan di atas bisa dibilang sering dialami oleh Mahasiswa Teknik Fisika, khususnya ITB. Suatu kewajaran memang untuk jurusan yang hanya ada di 5 perguruan tinggi nasional dan belum sepopuler Fakultas Kedokteran. Jadi, apa sebenarnya Teknik Fisika.

Suatu situs mendefinisikan Teknik Fisika sebagai berikut :

The study of Engineering Physics emphasizes the application of basic scientific principles to the design of equipment, which includes electronic and electro-mechanical systems, for use in measurements, communications, and data acquisition. [1]

Walaupun dalam definisi di atas hanya disebutkan bahwa Teknik Fisika (atau Fisika Teknik) berfokus pada penerapan asas-asas science untuk mendesain suatu alat (elektronika dan elektro-mekanik) untuk pengukuran dan akuisisi data, nyatanya di Teknik Fisika ITB belajar lebih luas dari itu. Mungkin saking luasnya cakupan belajar Teknik Fisika inilah yang kadang membuat bingung mahasiswa TF sendiri untuk mendefinisikannya. Sebenarnya hal ini sangat menguntungkan karena membuat bidang pekerjaan yang ditawarkan kepada lulusannya juga luas, dimulai dari industri hulu hingga hilir.

Di ITB sendiri, tahap sarjana Teknik Fisika akan dibekali untuk memilih kelompok bidang keahlian yang mencakup [2] :

  • Kelompok Bidang Keahlian Instrumentasi dan Kontrol
  • Kelompok Bidang Keahlian Fisika Bangunan, Akustik dan Energi
  • Kelompok Bidang Keahlian Rekayasa Bahan (Semi konduktor, Super konduktor, Komposit, Bahan Elektronik)
  • Kelompok Bidang Keahlian Optik dan Laser

Mungkin yang cukup dikenal di kalangan masyarakat luar (selain Instrumentasi dan Kontrol) adalah Fisika Bangunan dan Akustik. Bidang Keahlian yang bersinggungan dengan Teknik Arsitektur ini berfokus pada mempelajari gejala-gejala fisis yang terjadi dalam bangunan atau lingkungan terbangun (built environment), serta aplikasinya dalam segala bidang. Aplikasi yang sering dimanfaatkan adalah perencanaan kenyamanan baik termal, visual maupun audio pada bangunan.

Kenyamanan adalah aspek yang dicari oleh setiap individu. Kenyamanan bukan hanya untuk beristirahat, namun merambah pada kenyamanan bekerja, menikmati sajian multimedia, mendengarkan pembicara, hingga hanya sekadar membuat efek nyaman dan membuat orang betah berlama-lama di suatu ruangan. Tugas seorang Engineer Teknik Fisika-lah yang harus bisa merencanakan ruangan yang sesuai dengan yang diinginkan. Desain yang dibuat juga diharapkan dapat memakan biaya seminimal mungkin.

Konsep green building yang makin digemari juga menjadi tantangan sendiri untuk menciptakan bangunan yang nyaman namun ramah lingkungan. Konsep alami benar-benar harus diperhitungkan dan direncanakan, sehingga sumber daya yang memang sudah disediakan oleh alam bisa dimanfaatkan tanpa mengurangi konsep nyaman yang diharapkan. Desain ruangan dengan mengendalikan sumber-sumber alami (yang cukup sulit dikontrol) harus dipikirkan secara matang.

Selain konsep kenyamanan, Fisika Bangunan juga mengusung konsep kesempurnaan untuk beberapa ruangan, terutama ruangan yang memang ditujukan untuk hal-hal khusus, seperti ruang konser dan ruang multimedia. Untuk ruang konser musik klasik, lebih dibutuhkan lagi desain yang mendalam. Kesamaan antara suara yang dikeluarkan oleh alat musik di atas panggung di depan dan yang didengar oleh penonton yang ada di barisan belakang harus benar-benar tinggi agar tidak mengurangi kenikmatan mendengar. Setidaknya tantangannya adalah untuk mendesain ruangan terbaik yang mendekati sempurna.

Fisika Bangunan dan Akustik hanyalah sekelumit bagian dari Teknik Fisika. Masih banyak bidang menarik dan menantang untuk dikaji lebih dalam di Teknik Fisika. Sedikit googling dan membuka situs Teknik Fisika di perguruan-perguruan tinggi nasional dapat membuka mata dan menambah jawaban untuk pertanyaan apakah Teknik Fisika.

Ditujukan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Kapita Selekta (TF-4001)

Wahyu N.I. Novianto

13308033

———————————————————————————–

Sumber dan Daftar pustaka :

http://fisbang.tf.itb.ac.id/

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_fisika [2]

http://physics.usask.ca/EP_Pamphlet-2.htm [1]