Tags

, , , , , ,

Sayang banget kalo udah hampir empat tahun di Bandung tapi tempat wisata yang deket gak dikunjungi. Dengan niat ini, akhirnya diputuskanlah untuk berkelana menyusuri museum Kota Bandung. Buat sesi satu ini, baru sempet mengunjungi Museum Geologi, Museum Pos Indonesia dan Museum Mandalawangsit Siliwangi yang bisa dicapai dalam satu hari. Ini disesuaikan dengan kesibukan kita juga soalnya (sok sibuk).

1. Museum Geologi. Jl. Diponegoro 57 Bandung 40122, Jawa Barat, Indonesia
Telp. (+62.22) 720 3205-08. Jam buka : 09.00 – 16.00

Ini museum paling gampang dikunjungi pake angkot kalo dari ITB. Sekali naik angkot Caheum – Ledeng (yang ke arah Caheum), langsung turun depan pintu gerbangnya. Nikmati koleksi batu terbanyak di Asia Tenggara (2008).

————

2. Museum Pos Indonesia. Jl. Cilaki No 73, Bandung Jawa Barat. phone : (+62-22) 4206195. Jam buka : 09.00 – 16.00.

Nyebrang dan belok sedikit dari Museum Geologi. Ini surganya para filatelis sepertinya. Kumpulan prangko dari abad entah kapan dipajang secara rapi. Cuma informasinya kurang. Jadi ya cuma diliat aja. Agak kurang dimengerti juga. Dan ternyata, museum ini udah ada sejak jaman kolonial. Bangunannya aja sejak 1920 berdirinya.

————

3. Museum Mandala Wangsit Siliwangi. Jl Lembong 38 Bandung 40122, Jawa Barat, Indonesia. Phone : (+62-22) 4202293. Jam buka : 08.00 – 13.00.

Semakin kesini semakin serem nih museum yang dikunjungin. Udah tempatnya dipojokan markas TNI, mendisplay senjata dan cerita perang kemerdekaan Indonesia dan sekitarnya, bangunan tua, dan bahkan ada daerah yang ga boleh dilewatin gara-gara takut atapnya roboh. Hahaha. Iya iya. Terdengar agak berlebihan memang. Tapi beneran dicoba deh. Pengunjung cuma berdua didukung display-display penuh sejarah dengan bangunan fisik yang mengkhawatirkan. Katanya sih mau dipugar besar-besaran.

————

Kadang gue juga ga paham apa yang menarik dari tiga museum di atas. Bahkan rencana kunjungan ke museum sendiri awalnya bikin gue sampe googling pake keyword “what to do in museum“. Hahaha. Apalagi mengunjungi museum tiga museum di atas. Penyajiannya tidak menarik menurut gue. Bahkan Museum Geologi yang punya replika fosil T-Rex. Kalo di foto-foto museum di luar, replika fosil ini bisa jadi atraksi yang menarik di tengah ruangan (efek Night at The Museum (2006)). Ini malah di pinggir jadi susah buat bergaya (eh!!).

Atau emang belum dibikin menarik kali ya. Well, masih banyak berbenah juga sih Indonesia. Sepertinya lantai dua Museum Geologi bakal sangat menarik. Kita tunggu saja. Lagipula masuk ke tiga museum itu GRATIS!! Jadi yang sabar yaa. Hehehe.

Dan masih ada Museum Konferensi Asia-Afrika sama Museum Sri Baduga. Dan ada Museum Kereta Api Graha Parahyangan ternyata (baru tau kalo yang di belakang ITB itu museum juga). Gue tipe turis yang berusaha men-check-list atraksi-atraksi umum sepertinya. Anyway, enjoy your holiday🙂