Tags

, , ,

Seminggu kemarin, gue mengikuti International Borobudur Field School. Sebuah kuliah lapangan yang memperkenalkan Borobudur dan sekelilingnya. Post pertama ini, ijinkan  gue memperkenalkan sebuah frasa baru yang jarang digunakan : SAUJANA.

Borobudur from afar.

Berbicara tentang Borobudur ternyata tidak cukup membicarakan tentang kemegahan candinya saja. Akan tetapi harus secara menyeluruh dengan lingkungan sekelilingnya yang tak kalah indahnya. Lagipula, yang di-list oleh UNESCO sebagai World Heritage adalah Borobudur Temple Compounds, Candi Borobudur dan komponen-komponennya.

Kemudian, apa hubungannya dengan kata saujana? Yang ini berhubungan dengan istilah dalam bahasa Inggris : cultural landscape. Borobudur dan komponennya dikelilingi desa, kebudayaan, dan pemandangan yang indah. Kesatuannya itu membentuk sebuah landscape budaya yang unik. Landscape kebudayaan yang masing-masing tempat punya. Nah, dua orang ekspert kemudian menemukan sebuah istilah yang tepat untuk cultural landscape of Indonesia : SAUJANA. Apa arti saujana?

Saujana berarti sejauh mata memandang. As far as you can see.

Dan entah kenapa gue menganggap itu sangat romantis. Bayangin aja, saat seseorang bertanya,”Dimana/apa/bagaimana cultural landscape di Indonesia?” Lalu dijawab dengan, “Saujana. Sejauh mata memandang. As far as you can see. Tengokkan saja kepala mu ke segala arah, dan kau akan memandang Indonesia. So, enjoy the wonderful Indonesia”🙂