Tags

, , , ,

Kalau ngisi alamat, emang isian kota selalu dijawab Cilacap. Tapi kalau diminta keliling kota Cilacap, hmmm.

Yah, beginilah nasib anak pinggiran. Bahkan lebih sering pergi ke kota lain. Pengalaman keliling Cilacap mentok sampe SMP. Tapi, waktu SD udah pernah ngubek-ngubek Cilacap ditraktir sama Bapak Bupati pada waktu itu. Hohoho. Iya, ceritanya pada jaman kejayaan waktu SD, sempet jadi siswa teladan B-) Anyway, jadilah beberapa hari yang lalu ayah berinisiatif membawa anaknya ke kota kabupaten dan meninggalkannya sendiri buat ngubek-ngubek kota. Seriusan. Si ayah mah ada urusan kerja.

editIMG_2190-012

Dari petualangan ‘ngilang di kota sendiri’ ini ada dua kesimpulan yang didapet :

1. Cilacap sepi. Di hari kerja bahkan terasa tenaaaaang banget. Jalan-jalan di kota maupun di tempat wisata, sama aja. Enak sih buat leyeh-leyeh bersantai.

2. Yang punya blog udah terlalu manja sama kehidupan di kota besar yang serba ada dan jelas. Di Cilacap bahkan ga berani naik angkot gara-gara gak ada papan penunjuk tujuannya. Yah, ada sih beberapa. Tapi dengan alasan bertualang, jadinya ya jalan-jalan saja (literally).

Nah, ada apa aja di Cilacap? Ada Pantai Teluk Penyu sama Benteng Pendem. Yup!! Kalo di kota-nya sendiri, ini alternatif buat menghabiskan waktu.

Waktu kecil, selalu ngeluh kalo Pantai Teluk Penyu itu kotor. Hmm, bukan karena sampah sih. Lebih karena pasir pantainya yang hitam. Tapi itulah eksotisnya pantai pesisir selatan. Hehehe. Tenang-tenang, ada ko pantai pasir putihnya. Ngubek kapan-kapan. Sebenernya garis pantai Cilacap cukup panjang juga. Ada yang namanya Pantai Kalimantan (pantai di jalan Kalimantan). Selain itu, ombaknya agak serem sih. Jadi tidak disarankan untuk mandi. Nikmatin angin laut aja. Hehe.

editIMG_2163-004editIMG_2328-028editIMG_2245-017

Nah, kalo Benteng Pendem atau Kustbatterij op de Landtong te Tjilatjap ini benteng peninggalan Belanda (yang sempet dipake Jepang juga). Sesuai namanya pendem yang artinya ditimbun, benteng ini ada di bawah permukaan tanah. Dibuat semacam terowongan-terowongan. Karena di weekday itu sepi pengunjung, agak serem sebenernya keliling-keliling sendiri.

editIMG_2256-018editIMG_2266-020editIMG_2282-024editIMG_2284-023

Jangan lupa kunjungi alun-alunnya. Ada taman lalu lintas buat anak-anak ternyata di alun-alun. Dan belanja? Di RITA Pasaraya (bukan iklan. hahaha).

editIMG_2172-008editIMG_2178-009

Nah, kenapa ada hashtag 1 di judulnya? Karena ini masih part 1. Masih ada beberapa tempat eksotis di Cilacap macem Nusakambangan, Kampung Laut, dan Segara Anakannya. Kapan-kapan yaa. ENJOY CILACAP🙂

editIMG_2339-027